mcontent-creator-perbedaan-content-creator-di-setiap-platform-sosmed

Sekarang ini banyak sekali jenis platform media sosial yang bermunculan dan banyak juga content creator yang bermunculan akibat banyaknya platform media sosial.

Berawal dari Facebook yang memberikan dampak positif terhadap developer-developer media sosial di luar sana hingga Tiktok yang sekarang menggemparkan dunia.

Dengan banyak content creator baru dan platform media sosial baru, sudah sangat jelas bahwa setiap platform media sosial memiliki tingkat kesulitan dan skill yang berbeda-beda.

Kita ambil contoh, misal kita adalah seorang content creator di Twitter dan ingin beralih platform ke Instagram, maka kita harus mempelajari terlebih dahulu sistem dari Instagram itu sendiri, mulai dari bagaimana membuat konten yang baik hingga melihat performa dari konten yang kita posting.

Oleh karena itu skill sangat berperan jika kita ingin mencoba peruntungan di platform media sosial yang baru. Bukan hanya skill tapi masih ada hal yang harus dipelajari untuk menjadi seorang content creator yang baik.

Tanpa basa-basi lagi ayo simak penjelasannya berikut ini!

Skill Yang Dibutuhkan Content Creator

content-creator-skill-yang-dibutuhkan-content-creator

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menjadi seorang content creator di tengah perkembangan platform media sosial yang begitu pesat haruslah memiliki 5 skill dasar berikut ini.

Konsistensi

Konsistensi menjadi modal utama bukan hanya untuk seorang content creator tetapi untuk segala hal. Bagi seorang content creator konsistensi menjadi kunci keberhasilan, mengapa? 

Karena untuk mendapatkan perhatian dan respon dari followers atau penonton, maka seorang content creator haruslah konsisten terhadap apa yang dia buat.

Contohnya seorang content creator Youtube jika dia tidak konsisten dengan konsep dan ciri khas yang dibawakan atau ditonjolkan, maka karakter seorang content creator Youtube tidak akan terbentuk.

Banyak content creator Youtube yang tidak konsisten dan mencoba untuk mengikuti trend pasar tanpa memiliki pembawaan personal yang kuat akhirnya menghilang dari permukaan.

Keuntungan lainnya dari menjadi seorang content creator yang konsisten adalah, penonton atau followers akan terbiasa dengan kemunculan kita sebagai content creator. Ini akan menyerah psikis para penonton dan followers kita.

Penonton dan followers akan beranggapan hari-hari mereka terus diisi dan dihiasi dengan konten-konten buatan kita.

Kreativitas

Sudah sangat jelas kreativitas berbanding lurus dengan inovasi. Maksudnya adalah untuk menjadi pemenang dan pembeda dari para content creator lain kita harus berfikir kreatif. Kreativitas yang menentukan apakah konten yang dibuat berbobot atau tidak.

Membangun Relasi

Content Creator yang sukses mereka tidak berdiri sendiri. Mereka membangun jaringan atau relasi dengan content creator lainnya untuk membuat suatu konten yang bisa dilihat oleh audiens.

Seperti yang kita lihat content creator di YouTube saat ini, ada banyak content creator yang membuat konten secara bersama-sama.

Mereka berkolaborasi untuk menambah jumlah subscriber di samping mempelajari keberhasilan konten masing-masing.

Itu dia beberapa cara menjadi content creator yang perlu kamu terapkan agar dapat mengejar mimpimu menjadi salah satunya.

Identitas

Identitas sangat erat kaitanya dengan seberapa original konten yang kita buat. Meskipun kamu harus memulai dari 0 subscriber atau 0 followers, tetap gunakan karya orisinal dan bukan milik orang lain. 

Hal ini bisa menarik banyak orang untuk menyukai konten yang kamu miliki ke depannya. Di luar sana, ada banyak hal unik yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk membuat konten.

Selalu Update Info Terkini

Menjadi content creator menuntut kita untuk selalu update dengan perkembangan tren dan informasi saat ini. 

Kita bisa membahas berbagai hal yang sedang viral atau hangat dibicarakan, semisal smartphone terbaru dari brand A dan perbandingannya dengan brand B atau mengikuti  challenge yang sedang viral di dunia maya.

Dengan membuat konten yang selalu up to date dan terkini, akan lebih memudahkan konten dikenal banyak orang. Kalau sudah begini, mendapatkan followers dan subscriber akan menjadi lebih mudah.

Misalnya, kamu memilih kosmetik sebagai identitas, maka pastikanlah kamu mengikuti tren kecantikan yang sedang berkembang saat ini.

Carilah konten maupun berita relevan terkait fokus konten yang kamu pilih dan selalu ikuti setiap perkembangannya. Jangan sampai ketinggalan satu informasi pun yang sedang viral agar konten yang dibuat tetap selalu fresh serta mengikuti tren yang ada.

Content Creator Instagram

content-creator-content-creator-instagram

Instagram sedang menjadi salah satu media sosial yang paling banyak dan sering digunakan. Pasti diantara kalian ada yang menjadi content creator di Instagram. Nah buat yang baru mau coba bikin konten di Instagram 3 hal ini bisa membantu lho.

Foto Yang Bagus

Foto merupakan “dagangan” utama di Instagram, sekarang-sekarang ini saja sudah banyak video yang beredar di Instagram karena ada update dari fitur dan sticker.

Pasti kalian sudah tau untuk mendapatkan foto yang bagus seperti apa, apa tipsnya. Intinya pertimbangkan angle foto, pencahayaan, kamera atau hp yang digunakan. Saat ini sudah banyak kamera hp yang canggih.

Jadi jangan khawatir untuk mendapatkan hasil foto yang bagus tidak susah, menggunakan hp pun bisa dan sudah banyak aplikasi editing foto yang bagus dan keren

Skill Yang Beragam

Instagram memiliki berbagai fitur pada aplikasinya seperti story, post, IGTv dan sejenisnya. Jika kita ingin menjadi seorang content creator di Instagram, kita harus mempelajari skill dari masing-masing fitur dan kelebihan di Instagram.

Selain itu Instagram memiliki fitur untuk melihat performa dari akun kita, selain performa konten yang kita upload, kita bisa melihat juga insight yang diberikan oleh algoritma Instagram sebagai gambaran siapa sih target followers kita dan siapa sih yang tertarik dengan konten-konten kita

Selalu Available

Dengan adanya fitur story, sebagai content creator di Instagram harus lebih konsisten dan available. Fitur story membuat para content creator Instagram bisa menjadi lebih aktif lagi. Story ini menguntungkan content creator untuk menjadi lebih kreatif dalam meningkatkan hubungan dengan para followers.

Content Creator Website (Blogger)

content-creator-content-creator-website-(blogger)

Sebelum zaman Facebook, Twitter, Instagram, Tiktok dan sejenisnya merajalela. Banyak orang yang menjadi blogger. Mulai dari blog yang berisi curahan hati si penulis hingga blog yang berisi informasi terkini. 

Sebenarnya secara umum content creator di platform media sosial apapun basicnya sama aja. Yuk simak penjelasannya!

Mengetahui Berita Terkini

Sama halnya dengan para content creator platform lain, seorang blogger pun harus mengetahui dan update tentang berita terbaru. Hal ini akan membantu para blogger untuk menentukan tema atau topik untuk konten yang akan dibuat.

Skill Menulis

Biasanya seorang blogger secara skill penulisan diatas rata-rata jika dibandingkan dengan content creator lain. Jika kalian pernah baca blog, umumnya bahasa yang digunakan mirip dengan bahasa yang digunakan oleh seorang jurnalis atau penulis novel.

Content Creator Youtube

content-creator-content-creator-youtube

Sebenarnya secara umum content creator Youtube sama saja dengan content creator media sosial lainnya. Hanya saja ada beberapa skill tambahan yang harus dipelajari.

Diantaranya adalah minimal harus bisa mengoperasikan software Adobe. Jika kita belum punya tim untuk editing video, maka kita harus belajar tentang editing video.

Selain itu, kita harus mempelajari spesifikasi mulai dari perangkat komputer hingga perangkat audio dan recording.

Skill Mengedit Video

Berbicara tentang skill mengedit video banyak peluang yang muncul dengan memiliki skill video editing. Mulai dari editor profesional hingga Youtuber, mulai dari selebgram hingga konten kreator. 

Memiliki skill editing video cocok pada semua jenis profesi. Profesi yang tadi dijelaskan adalah profesi zaman now yang cukup menjanjikan jika kita tekuni, serius dan bekerja keras.

Skill Mengedit Foto

Mengedit foto bukan hanya untuk posting Instagram saja, tapi juga untuk thumbnail video Youtube. 

Skill mengedit foto yang content creator Youtube pelajari berbeda dengan Instagram yang bisanya hanya filter/brightness, kalau edit foto untuk thumbnail itu biasanya sedikit lebih rumit, misalnya crop bersih, menggunakan typography, lettering. Dropshadow dan sejenisnya.

Menyampaikan Cerita Yang Menarik

Video bisanya lebih lama dari foto atau tulisan yang bisa dibaca dengan cepat. Jadi harus bisa membuat orang tertarik, khususnya di beberapa detik awal video. Seorang content creator Youtube harus mampu menyampaikan pesan penting di awal hingga pertengahan video.

Tapi jika jam terbang sudah banyak, maka seorang content creator Youtube akan mampu mengemas sebuah video yang tidak membosankan, pesan yang disampaikan pun bertahap hingga akhir video yang merupakan sebuah kesimpulan.

Kalo Kamu, Mau Jadi Konten Kreator Dimana?

Nah sekarang tujuan kamu apa dan kira-kira tertarik atau minat menjadi content creator di media sosial apa hayo? 

Sebenarnya apapun platformnya balik lagi kepada si content creator, mulai dari ketekunan, konsistensi dan kreativitas. Jika seorang content creator memiliki 3 hal dasar itu, pasti mau platform apapun pasti akan mampu menyesuaikan dan beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Langsung aja pelajarin cara menjadi content creator, bisa langsung dicoba hari ini!