Pada era sekarang ini teknologi sudah semakin maju dan mulai banyak bermunculan beberapa profesi baru salah satunya adalah content creator. Content creator kini banyak sekali bermunculan di berbagai platform media sosial, contohnya adalah Instagram, Twitter dan Youtube.
Sebenarnya apa sih content creator itu? Itu adalah pertanyaan yang sangat bagus. Selama ini mungkin kita hanya tau ada yang namanya content creator tetapi masih bingung untuk mendeskripsikan pekerjaan yang dilakukan oleh para content creator.
Apakah semua orang yang bisa membuat content disebut content creator? Nah, kali ini kita akan coba bahas dan ulik sedikit demi sedikit tentang content creator. Penasaran? Yuk langsung aja simak penjelasannya berikut ini.
Tanggung Jawab
Secara definisi content creator merupakan sebutan bagi seseorang yang membuat atau menciptakan berbagai materi konten, baik berupa tulisan, gambar, video, suara, maupun gabungan dari dua atau lebih materi.
Nah konten-konten yang dibuat oleh para content creator itu biasanya dimuat di dalam platform digital, seperti YouTube, Instagram, Twitter, Tiktok dan sebagainya.
Topik dan tema yang dipilih oleh para content creator juga sangat beragam, mulai dari fashion, beauty, kuliner, otomotif, game, teknologi sampai daily vlog. Keberadaan profesi content creator ini memang gak bisa lepas dari kemajuan teknologi.
Apalagi dengan kondisi saat ini yaitu semakin terbukanya akses informasi, maka semakin luas kesempatan buat kamu nih yang emang niat dan tertarik untuk menjadi seorang content creator. Kalo emang mau jadi seorang content creator ini dia tanggung jawab seorang content creator.
- Membuat konten yang orisinal dan menarik kemudian dipublikasikan di berbagai media sosial.
- Menciptakan konten yang bermakna bagi sekumpulan orang atau komunitas yang memiliki kekuatan besar (power).
- Menciptakan pesan persuasif terutama jika bekerjasama dengan pengiklan (endorsement)
- Membuat blog pribadi dan membagikan pikiran, ide juga gagasan.
Kemampuan Yang Diperlukan
Content creator adalah orang-orang yang membuat materi (konten) yang memiliki nilai edukasi dan hiburan. Materi ini juga disesuaikan dengan keinginan atau ketertarikan dari audiens. Biasanya content creator memakai banyak platform untuk menyebarkan konten mereka.
Selain social media seperti Facebook, Instagram, atau YouTube, ada juga content creator yang memakai blog, infografik, maupun ebook untuk menyebarkan konten. Content creator sendiri dalam konteks ini bukanlah selebriti ataupun blogger.
Untuk menjadi seorang content creator tentunya harus memiliki beberapa kemampuan yang bisa dipelajari. Nah berikut ini adalah beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang content creator.
- Kemampuan berpikir kreatif
- Kemampuan manajerial terutama waktu
- Kemampuan analisis pasar
- Kemampuan melakukan analisis strategi konten
- Keterampilan komunikasi
- Penguasaan bahasa asing
Skill Yang Dibutuhkan
Profesi menjadi seorang content creator adalah pekerjaan yang bertujuan untuk menghibur dan mendidik target marketnya (audience). Untuk menjadi seorang content creator, kamu harus bisa membuat berbagai bentuk konten untuk berbagai jenis media mulai dari postingan blog, vlog, foto, video dan infografis.
Content creator kini menjadi salah satu profesi yang sangat digandrungi oleh generasi milenial. Menjadi seorang content creator sangat diwajibkan memiliki skill. Nah skill apa aja sih yang dibutuhin untuk menjadi content creator? Berikut ini adalah beberapa diantaranya.
- Update segala macam informasi dan berita terkini
- Menulis dan membuat konten secara rutin
- Pelajari dan analisis pangsa pasar
- Fotografi
- Videografi
- Editing
- Storytelling
Keseharian Seorang Content Creator
Menjadi seorang content creator memiliki aktivitas yang cukup padat. Sebagai contoh, sebelum membuat konten pasti para content creator harus menyediakan waktu yang cukup banyak untuk melakukan riset. Hasil dari riset ini yang nantinya akan dijadikan topik dan tema alam konten yang akan dibuat.
Keseharian content creator yang bekerja secara independen dan yang bekerja secara terikat oleh sebuah agensi atau perusahaan tentunya sangat berbeda. Content creator yang bekerja secara independen bisa menentukan jadwalnya sendiri mulai dari bangun tidur hingga konten publish.
Nah kalo content creator yang bekerja dan terikat dengan agensi atau perusahaan, mereka biasanya memiliki jadwal rutin yang harus dilakukan sebelum mulai membuat sebuah konten, contohnya seperti ini.
- 8.00am-10.00am : Koordinasi dengan tim
- 10.00am-11.00am : Membuat outline dan juga storyboard
- 11.00am-12.00am : Memberikan hasil outline dan storyboard untuk di review
- Dan seterusnya
Sudah Siap Jadi Content Creator?
Nah berdasarkan penjelasan tadi tentang job deskripsi dari content creator, apakah kamu siap untuk menjadi seorang content creator? Jika belum kamu bisa mengikuti dan mempelajari kemampuan dan juga skill yang harus dimiliki oleh seorang content creator, dari situ baru kamu bisa mencoba membuat beberapa konten untuk melihat sejauh mana kemampuan dan skill mu berkembang.
Anda seorang content creator yang butuh inspirasi? Yuk cek ide-ide terbaru untuk content creator indonesia. Mau tau? Cek aja langsung disini!