Influencer, Instagram, influencer instagram, content creator, content, creator, konten kreator, konten, kreator

Halo semua! Pada zaman sekarang ini generasi milenial sangat benar-benar aktif dan mendominasi terutama di media sosial seperti Instagram. Sekarang banyak bermunculan content creator Instagram dan juga influencer Instagram. 

Nah kali ini kita akan bahas content creator Instagram vs influencer Instagram. Pasti banyak dari kalian yang bingung nih kira-kira mending pilih mana yaa jadi seorang content creator atau jadi seorang influencer di Instagram.

Secara definisi content creator adalah orang yang membuat konten. Konten yang mereka buat disebar ke berbagai platform media sosial yang tersedia, seperti Instagram, YouTube, Twitter atau Facebook.

Namun, content creator sebenernya lebih dari sekedar pencipta konten semata. Mereka memiliki fungsi yang terbilang besar dalam dunia marketing sekarang ini. Bahkan, ada juga yang menyebut jika content creator jadi penggerak content marketing. Daripada makin pusing dan bingung, yuk simak aja langsung pembahasan lengkapnya berikut ini.  

Berkenalan Dengan Social Media Influencer

Pasti kata “influencer” ini udah gak asing lagi yaa pastinya. Ya! Secara umum influencer adalah seorang yang memiliki followers atau audience yang cukup banyak di social media. Sehingga mereka dianggap memiliki pengaruh yang kuat terhadap followers mereka.

Yang disebut dengan influencer ini contohnya seperti artis, selebgram, youtuber, blogger, dan sebagainya, yang dipilih berdasarkan popularitas, keahlian, atau reputasinya.

Bahkan sekarang ini ada sebutan lain untuk influencer, yaitu influencer marketing. Nah influencer marketing ini adalah produk dari banyak kampanye yang berbasis konten, yang telah menandai era digital hingga saat ini. 

Influencer sendiri sebenarnya dipandang sebagai konsumen yang potensial juga loh. Nah, jadi influencer marketing merupakan sebuah cara pemasaran menggunakan influencer di social media seperti Instagram, Youtube, dan media lainnya.

Sekarang ini influencer sudah bisa dikategorikan sebagai salah satu profesi di Indonesia, dan banyak juga anak-anak milenial yang bercita-cita ingin menjadi seorang influencer. Menjadi influencer itu memiliki sisi positif dan negatif.

Poin plus dari seorang influencer adalah waktu bekerja yang fleksibel dan kerjaan nya juga fleksibel dimana kamu bisa mengambil beberapa pekerjaan misal saja endorsement sekaligus. Banyak juga yang ingin menjadi influencer karena rata-rata mereka mencintai hal yang dilakukannya.

Nah, menjadi influencer juga ada keluh kesahnya loh, yang pertama pasti adalah haters, jika kamu adalah seorang influencer pasti kamu akan punya yang namanya haters, kamu harus siap mental dengan semua perkataan yang diucapkan oleh haters. Mau apapun kondisi mood kamu, kamu harus selalu terlihat gembira.

Selain haters, menjadi influencer itu tidak kenal waktu, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kamu bisa mengambil beberapa pekerjaan sekaligus, jadi kamu tidak akan kenal waktu dan penghasilan pun tidak menentu, tidak seperti pekerja kantoran yang mendapatkan bayaran yang pasti per bulannya.

Coba deh kamu liat akun Instagram kamu, berapa followers yang kamu punya, dan gimana aktivitas followers kamu. Kamu bisa lihat itu semua melalui fitur instagram seperti insight dan yang lainnya. Kalo followers kamu banyak dan aktif kamu bisa loh jadi influencer.

Menjadi Content Creator Instagram

Tadi kita sudah bahas tentang influencer, sekarang kita akan bahas tentang content creator. Siapa disini yang mau jadi content creator? Ketahui dulu hal-hal dibawah ini kalo kamu mau jadi seorang content creator.

Secara umum content creator adalah orang-orang yang membuat materi (konten) yang memiliki nilai edukasi dan hiburan. Materi ini juga kelak disesuaikan dengan keinginan atau ketertarikan dari audiens. Konten yang dibuat biasanya sangat beragam, contohnya bisa ilustrasi atau sketsa, meme, video, foto, cover lagu, review, unboxing dan masih banyak lagi.

Menjadi seorang content creator juga ada enak dan gak enaknya. Sebenernya mirip sih antara content creator dan influencer. Enaknya jadi seorang content creator itu bisa kerja sendiri kalo kamu emang lebih enak kerja tidak terikat dengan agensi atau perusahaan. Jam kerja bisa kamu atur sendiri juga.

Gak enaknya mirip juga kaya influencer, kamu akan punya haters juga loh apalagi content creator buat Youtube, ada aja nanti yang gak suka sama kamu dan komen yang kurang enak di channel Youtube kamu.

Siapa aja sih yang bisa jadi content creator? Siapapun bisa asal kreatif dan mau mencoba, karena ada beberapa kemampuan dan skill yang harus kamu pelajari untuk menjadi seorang content creator, editing lah contohnya. Menjadi content creator sedikit berbeda dengan influencer, berikut penjelasannya.

Unik

Berbeda dengan influencer yang sudah pasti dapat uang dari project yang diambil. Kenapa orang disebut influencer karena sudah memiliki followers dan dia bisa mempengaruhi followersnya dan juga memiliki endorsement yang jalan. Nah kalo content creator belum tentu menghasilkan uang kalau konten yang dia buat tidak unik. 

Menjadi seorang content creator harus bisa membuat konten yang unik dan juga original. Membuat konten yang unik sebenarnya susah-susah gampang, intinya seorang content creator itu harus kreatif. Ide dari konten yang akan dibuat harus dicari melalui riset dari informasi terkini.

Maka dari itu kalo kamu mau jadi seorang content creator kamu harus selalu update dengan segala informasi yang sedang hangat dibicarakan orang, kemudian kamu harus membuat kemasan yang menarik untuk audiens yang kamu tuju.

Viral

Ngomong-ngomong soal viral, banyak juga content creator yang naik namanya karena beberapa konten yang dibuat kemudian viral. Biasanya kejadian viral ini berasal dari sebuah ketidaksengajaan, ketidaksengajaan berasal dari kreatifitas, jadi kalo konten yang kamu buat mau viral, maka kamu harus kreatif dan berpikir diluar cara orang umum berpikir.

Bertahan Lama

Biasanya konten yang viral tidak bertahan lama. Kalo salah satu konten kamu udah ada yang viral, kamu harus memanfaatkan momentum tersebut dan membuat gimana caranya nama kamu bisa bersinar dan konten mu bisa bertahan lama.

Bisanya banyak content creator yang melakukan collaboration dengan content creator lainnya agar nama mereka bisa dikenal luas dan konten-konten yang mereka buat dapat dilihat bukan hanya dari audiens lama yang kamu punya.

Kamu Pilih Apa?

Pasti bingung deh yaa mau pilih antara menjadi seorang content creator atau menjadi influencer di Instagram. Gak usah bingung, kamu cukup lihat potensi dan kemampuan kamu berada dimana, dan cocokan dengan kemampuan atau skill yang harus dimiliki untuk menjadi content creator ataupun influencer.

Nah karena kita udah bahas sedikit tentang content creator, yuk kita lihat selengkapnya tentang cara berkarir sebagai content creator.